Rangkaian Logika

Materi yang bisa di Download :
1. Rangkaian Logika
  • Sistem Bilangan
-->
Setiap orang pasti sudah mengenal bilangan desimal karena bilangan ini sudah umum digunakan oleh manusia. Namun peralatan yang menggunakan sistem digital menggunakan sistem bilangan biner yang di ekspresikan dalam logika “0” dan logika “1”. Oleh sebab itu, Setiap orang yang bekerja dibidang elektronika harus mengetahui bagaimana mengubah bilangan-bilangan dari sistem bilangan desimal ke biner dan dari biner ke bilangan desimal yang sering dipakai. Anda akan dapat juga mengubah sistem bilangan biner ke bilangan heksadesimal serta sistem bilangan desimal ke heksadesimal.
Untuk men-download materi selengkapnya silahkan klik link dibawah ini :

Ukuran File : 635.23 KB


  • Konversi Bilangan
-->
Konversi bilangan (misalnya: desimal ke sistem biner) diperlukan dalam menerjemahkan keinginan manusia kedalam kode-kode yang dikenal oleh sistem digital, terutama komputer digital. Konversi dari biner ke desimal diperlukan untuk menterjemahkan kode hasil pengolahan sistem digital ke informasi yang dikenal oleh manusia.
Silahkan klik link dibawah ini untuk men-download materi selengkapnya :

Ukuran File : 669.43 KB

  • Sistem Pengkodean

Silahkan klik link dibawah ini untuk men-download materi selengkapnya :

Ukuran File : 591.63 KB

  • Gerbang Logika 
Gerbang-gerbang logika yang khususnya dipakai di dalam sistem digital, dibuat dalam bentuk IC (Integrated Circuit) yang terdiri atas transistor-transistor, diode dan komponen-komponen  lainnya. Gerbang-gerbang logika ini mempunyai bentuk-bentuk tertentu yang dapat melakukan  operasi-operasi INVERS, AND, OR serta NAND, NOR, dan XOR (Exclusive OR). NAND merupakan gabungan AND dan INVERS sedangkan NOR merupakan gabungan OR dan INVERS
Silahkan klik link dibawah ini untuk men-download materi selengkapnya :
file PDF :
Ukuran File : 733.85 KB

file Powerpoint :
Ukuran File : 2.47 MB



2. Teknik Digital
  • Rangkaian Ekuivalen Gerbang Logika 
-->
Dalam mendesain rangkaian logika seringkali kita diminta untuk menggunakan satu jenis gerbang logika saja misalkan gerbang-gerbang NAND atau NOR saja.
Untuk men-download materi selengkapnya silahkan klik link dibawah ini :
[Rangk.kuivalenGrbngLogika.pdf]
Ukuran File : 385.10 KB
 
  • Aljabar Boolean
-->
Pada dasarnya rangkaian logika (digital) yang dibentuk dari beberapa gabungan komponen elektronik yang terdiri dari bermacam-macam Gate dan rangkaian-rangkaian lainnya, sehingga membentuk rangkaian elektronika yang bersifatnya kompleks dan cukup rumit.
Aljabar boolean mendefinisikan aturan-aturan untuk memanipulasi ekspresi simbol logika biner. Ekspresi logika simbol biner terdiri dari variabel biner dan operator-operator seperti AND, OR, dan NOT. Nilai-nilai dari ekspresi boolean dapat ditabulasikan dalam tabel kebenaran (Truth Table)
Untuk men-download materi selengkapnya silahkan klik link diibawah ini :
[aljabarboolean.pdf]
Ukuran File : 1.07 MB
 
  • Penyederhanaan Aljabar menggunakan Karnaugh Map
-->
Aljabar Boolean merupakan dasar untuk penyederhanaan rangkaian logika. Salah satu teknik paling mudah untuk penyederhanaan rangkaian logika adalah metode peta Karnaugh. Beberapa kasus penyederhanaan rangkaian logika dengan menggunakan karnaugh map antara lain:
  • Karnaugh map dengan dua variabel input
  • Karnaugh map dengan tiga variabel input
  • Karnaugh map dengan empat variabel input
Untuk men-download materi selengkapnya silahkan klik link dibawah ini :
[karnaughmap.pdf]
Ukuran File : 942.23 KB

sumber 

di-techno.blogspot.com -->