penyakit lambung dan asam lambung


Lambung adalah organ tubuh yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan.Penyakit lambung umumnya diawali dengan sakit maag, kemudian dalam keadaan yang fatal atau maag yang diderita kronis akan berakibat pada penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung ini diakibatkan karena sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari kurang mengandung sumber vitamin yang banyak mengandung serat, karena serat sangat baik bagi kesehatan lambung.
Asam lambung akan memproduksi asam yang berlebih apabila Anda telat makan dan mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan seperti lambung, usus. Lambung tidak pernah berhenti bekerja dalam mencerna makanan dan mengubah sumber makanan yang kemudian diuraikan menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

Berikut beberapa faktor gejala yang disebabkan terganggunya lambung, diantaranya:

1. Muntah
Muntah terjadi karena disebabkan otot di sekitar perut berkontraksi dengan tiba-tiba dan mengeluarkan isi perut. Hal ini disebabkan luka pada lambung akibat infeksi, makanan yang menyengat, atau alkohol. Dapat juga disebabkan adanya gangguan pada saluran pencernaan. Makanan basi atau sudah memiliki kandungan racun juga dapat menjadi penyebab muntah.
Muntah pun bisa berkali-kali selama beberapa hari. Keadaan seperti ini biasanya dialami oleh perempuan yang sedang mengidam. Mengidam biasanya ditandai dengan muntah yang berkali-kali. Selain itu, hiatus hernia juga bisa memicu sulit menelan dan kebocoran asam lambung ke dalam esofagus. Gangguan ini terjadi jika ada sebagian isi perut terdesak memasuki lubang diafragma dan sangat mungkin terjadi jika sedang hamil atau kegemukan.
Jika mengalami muntah dan penyebabnya tidak serius, untuk mengatasi ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, diantaranya :
  • Jangan mengkonsumsi makanan padat dahulu sampai mual atau muntahnya reda.
  • Minumlah air minum sedikit-sedikit walaupun nanti dimuntahkan lagi
  • Jangan merokok
  • Jangan minum obat-obatan yang dosisnya tinggi
  • Untuk menghilangkan rasa mual, jangan makan apa pun dan berbaringlah sampai rasa mualnya berkurang atau hilang
2. Sakit Perut
Sakit perut terjadi karena disebabkan oleh terganggunya lambung atau sistem pencernaan yang lain. Kebanyakan, sakit perut muncul akibat gangguan kecil sistem pencernaan. Namun, sakit yang berat dan terus-menerus perlu segera mendapatkan perawatan medis. Perawatan medis diperlukan jika :
  • Sakit perut terasa sakit selama lebih dari 4 jam berturut-turut
  • Jika disertai muntah, namun muntah tersebut tidak meredakan sakit
  • Jika perut menjadi bengkak dan lunak
  • Jika disertai dengan pingsan, limbung, atau nanar
3. Masuk Angin
Meskipun masalah sepele, tetapi masuk angin dapat menyebabkan perasaan tidak enak dan menyiksa. Penyebabnya bisa karena menelan udara, hiatus hernia, pencernaan tak sempurna, ataupun penyerapan yang tak sempurna. Buang angin adalah salah satu cara untuk mengatasi gejala masuk angin.
Terganggunya sistem pencernaan pada lambung juga dapat disebabkan oleh stress atau aktivitas yang berlebihan sehingga lupa akan kebutuhan tubuh, seperti makan dan minum. Pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan terganggunya lambung yang akhirnya akan berpengaruh pada organ-organ yang lainnya.
Pada penderita penyakit lambung harus selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya dengan menjaga keseimbangan nilai gizi, mengurangi makanan pedas, asam, makanan yang banyak mengandung pengawet dan lain-lain. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat alami yang terdapat pada buah-buahan, sayuran dan agar-agar (Jely), perbanyak olahraga dan istirahatlah yang cukup, serta makanlah makanan yang mudah dicerna oleh usus.

di-techno.blogspot.com -->